Aksara's Blog

A simple way to translate legal, technical, and financial documents into Bahasa Indonesia by native Indonesian translators

Selasa, 04 Mei 2010

Perbedaan Right - Privelege


Dalam praktek penerjemahan dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia dan sebaliknya, kedua kata ini seringkali membingungkan. Secara umum, kedua kata tersebut dalam bahasa Indonesia berarti “hak”. Tapi tentu saja hak ada bermacam-macam. Untuk lebih jelasnya silahkan simak uraian singkat berikut:
Privilege: harus diperoleh (has to be earned)
Right: diberikan oleh hukum (given by law)
Contohnya dapat dilihat dalam kalimat berikut:
You may have the right to vote but you do not have the right to drive a car without a license issued by the state because driving is a privilege. You can also have rights taken away, such as freedom, if the state decides to put you in jail for driving without a license.
Anda dapat memiliki hak (right) untuk memberikan suara, tapi Anda tidak memiliki hak (right) untuk mengemudi tanpa surat izin mengemudi yang dikeluarkan oleh negara karena mengemudi adalah privilege. Hak-hak (rights) Anda juga bisa dicabut, seperti kebebasan, jika negara memutuskan untuk memasukkan Anda ke penjara karena mengemudi tanpa surat izin mengemudi.
You have the right to learn to play violin, but you have to earn the privilege of being first chair violinist for the New York Philharmonic Orchestra.
Anda memiliki hak (right) untuk belajar bermain biola, tapi Anda harus memperoleh privilege untuk menjadi pemain biola di New York Philharmonic Orchestra.
Coba simak lagi penjelasan berikut:
Definisi
The Free Dictionary.com defines a right as "something that is due to a person or governmental body by law, tradition, or nature." The pursuit of happiness, for example, is a right defined by human nature.
The Free Dictionary.com mendefinisikan right sebagai "sesuatu yang melekat pada seseorang atau lembaga pemerintah berdasarkan hukum, tradisi, atau alam. "Pencapaian kebahagiaan, misalnya, merupakan hak (right) yang ditentukan oleh sifat manusia.
Identifikasi
According to The Free Dictionary.com, a privilege is "a special benefit, exemption from a duty, or immunity from penalty, given to a particular person, a group or a class of people."
Menurut The Free Dictionary.com, privilege adalah “manfaat khusus, pembebasan dari kewajiban, atau kekebalan dari hukuman, yang diberikan kepada seseorang, suatu kelompok atau kelas masyarakat”.
Fitur
The First Amendment to the U.S. Constitution upholds the right of the people to peacefully assemble on public property. Assembling on private property is a privilege that is granted by property owners.
Amandemen I UU Amerika Serikat menjunjung hak (right) orang untuk berkumpul secara damai di tempat umum. Berkumpul di tempat pribadi merupakan hak (privilege) yang diberikan oleh pemilik tempat pribadi tersebut.
Jadi, dapat disimpulkan bahwa right adalah hak yang melekat (tanpa proses apapun untuk mendapatkannya alias hak alami, seperti Hak Asasi Manusia) dan privilege adalah hak yang diperoleh melalui proses, seperti kalimat yang umum terdapat pada ijazah, yaitu “…. beserta segala hak dan kewajiban yang melekat pada gelar tersebut”.
The rights to "life, liberty and the pursuit of happiness" are enshrined in the U.S. Declaration of Independence.
Back To Top